Penyebab Radikal Bebas Dan Mengatasi Serangannya

Posted by

Penyebab Radikal Bebas Dan Mengatasi Serangannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap terkait apa itu radikal bebas dan cara mengatasi serangannya. Istilah ini sering dikaitkan dengan permasalahan seperti daya tahan tubuh, penuaan dini dan penyakit.

Secara umum, radikal bebas merupakan virus yang berperan dalam merusak sel, mengganggu dan mengacaukan kestabilan metabolisme pada tubuh. Radikal bebas ini bisa berasal dari luar maupun dalam melalui proses alami dalam tubuh.

Ketika tubuh menggunakan oksigen, setidaknya 1-2 persen dari sel-sel akan rusak dan menjelma menjadi radikal bebas. Dalam artian lain, radikal bebas adalah istilah untuk sel-sel rusak dari dalam tubuh yang bisa berdampak buruk untuk tubuh itu sendiri.

Penyebab Radikal Bebas Dan Mengatasi Serangannya

Apa Itu Radikal Bebas dan Bagaimana Mengatasinya?

Penyebab Radikal Bebas Dan Mengatasi Serangannya. Radikal bebas adalah sejumlah virus partikel yang memiliki satu atau lebih elektron yang membuatnya sangat reaktif. Molekul ini dapat terbentuk secara alami dalam tubuh sebagai produk sampingan metabolisme normal.

Meskipun tubuh memiliki sistem pertahanan untuk melawan radikal bebas, terlalu banyak paparan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dan kerusakan pada sel-sel. Selain merusak sel, radikal bebas ini juga dapat merusak DNA sehingga menjadikannya sebagai sumber penyakit.

Salah satu cara untuk mengatasi radikal bebas adalah dengan mengkonsumsi antioksidan dari makanan yang kaya akan vitamin E dan C, seperti buah-buahan. Antioksidan ini adalah suatu bahan yang dapat melindungi diri dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh anda.

Dampak Radikal Bebas pada Kesehatan

Dampak pada Radikal bebas ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan dan gangguan neurologis. Mereka merusak sel-sel tubuh dengan mencuri elektron dari molekul sehat lainnya, memicu reaksi berantai yang dapat mengganggu fungsi sel dan DNA. Meski dapat dicegah, ada kemungkinan tubuh tidak bisa menangani serangan radikal bebas ini.

Biasanya, penderita serangan radikal bebas ini adalah penduduk yang tinggal di kota-kota besar dengan polusi udara tinggi. Oleh karena itu, mereka memerlukan antioksidan yang lebih banyak untuk meningkatkan beban oksidatif tubuh sehingga mampu mencegah serangan radikal bebas.

Penyebab Serangan Radikal Bebas

Sebelum membahas cara mengatasi serangan radikal bebas, ada beberapa penyebab dan bahaya yang penting untuk diketahui. Banyak orang yang menganggap penyakit ini berasal dari paparan debu dan polusi lingkungan. Padahal, ada kemungkinan serangan ini timbul karena proses alami dalam tubuh.

Untuk lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa ragam hal penting yang wajib kita ketahui apa penyebabnya tinggi jumlah radikal bebas dalam tubuh seseorang:

1. Radiasi Sinar UV

Penyebab pertama berasal dari radiasi sinar UV, khususnya radiasi UVB matahari dan UVA. Kedua jenis sinar UV ini dapat menyebabkan spesies kimia dalam tubuh menjadi reaktif, termasuk radikal yang dapat membunuh kulit dan sel.

2. Minuman Beralkohol

Pecandu minum-minuman beralkohol memiliki kemungkinan terkena serangan radikal bebas lebih tinggi. Sebenarnya, jika mengkonsumsi minuman beralkohol, khususnya wine, dalam jumlah yang tidak banyak, maka ini akan menguntungkan untuk sistem kardiovaskular. Namun, jika mengkonsumsinya terlalu banyak bahkan hampir setiap hari, maka akan memicu adanya serangan radikal bebas sehingga menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh.

Cara Mengatasi Dampak Radikal Bebas untuk Tubuh

Setelah mengetahui apa itu radikal bebas dan penyebabnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi serangannya untuk tubuh:

1. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas dengan menyumbangkan elektron tanpa menjadi reaktif. Contoh buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah apel, anggur, jeruk, nanas, mangga dan pepaya. Sedangkan, contoh sayuran yang banyak mengandung antioksidan meliputi wortel, tomat, kembang kol, dan sayuran berdaun hijau.

Contoh buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah apel, anggur, jeruk, nanas, mangga dan pepaya. Sedangkan, contoh sayuran yang banyak mengandung antioksidan meliputi wortel, tomat, kembang kol, dan sayuran berdaun hijau.

2. Hindari Paparan Berlebihan terhadap Radiasi UV

Radiasi UV dari sinar matahari dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam kulit.

3. Kurangi Paparan Polusi Lingkungan

Cara mengatasi radikal bebas berikutnya adalah dengan mengurangi paparan polusi dan debu dari lingkungan. Usahakan untuk mengurangi paparan terhadap polusi udara dengan cara memperbaiki ventilasi rumah, menggunakan filter udara, dan menghindari tempat-tempat berpolusi.

4. Rutinitas Berolahraga

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Akticitas yang wajib untuk fisik yaitu berjalan kaki, berlari atau yoga. Selain dapat menangkal paparan radikal bebas, melakukan olahraga secara konsisten juga tentunya membantu tubuh untuk lebih sehat dan bugar.

5. Minum Cukup Air

Air membantu membersihkan tubuh dari racun dan mengoptimalkan fungsi sel. Pastikan untuk minum sebanyak 8 gelas air sehari untuk menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi dan membantu membuang radikal bebas melalui urin. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol untuk mengecilkan kemungkinan tubuh terkena paparan radikal bebas.

Cegah dan Kurangi Paparan Radikal Bebas untuk Tubuh

Itulah pembahasan seputar radikal bebas dan cara mengatasi serangannya. Radikal bebas dapat memiliki dampak yang merugikan pada kesehatan tubuh jika dibiarkan tidak terkendali. Namun, dengan menerapkan pola hidup sehat dan beberapa langkah penanganan yang tepat, sel-sel tubuh akan terlindungi dari kerusakan radikal bebas. Menerapkan beberapa langkah metode pencegahan free radical ini dapat membantu tubuh anda tetap sehat dan terhindari dari masalah dalam penyakit apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *